Cara menurunkan berat badan dengan efektif pasca melahirkan

Cara menurunkan berat badan dengan efektif pasca melahirkan kebanyakan kaum wanita ketika mengandung berat badannya akan bertambah,tapi jangan khawatir,karena semua itu hal yang wajar,tapi yang jadi masalahnya gimana cara nurunin berat badan pasca ngelahirin,Mengembalikan berat badan seperti saat sebelum mengandung bisa jadi menyita waktu para ibu untuk menemukan cara yang tepat melakukan hal tersebut. Nah, salah satu kunci keberhasilan menurunkan berat badan setelah melahirkan adalah dengan bersabar.

Cara menurunkan berat badan dengan efektif pasca melahirkan

 

Tubuh sebenarnya memiliki kemampuan untuk memulihkan diri dari semua aspek kehamilan secara alami. Rahim akan menutup dan kembali ke ukuran semula dalam waktu sekitar 6 minggu, sedangkan ligamen tubuh akan kembali ke panjang dan elastisitas normal sekitar 3-6 bulan.

Sayangnya, jaringan otot tidak merespon dengan cara yang sama, sehingga perlu latihan dan rutinitas baru untuk mengembalikan kekuatan, kepadatan, dan fungsionalitas otot-otot tersebut.
Penting untuk Anda ingat bahwa latihan dan pengaturan pola makan yang tepat tetap menjadi dasar yang kuat untuk mendapatkan kembali berat ideal Anda.

Anda pun harus memilih waktu yang tepat untuk melakukan aktifitas fisik,atau anda juga bisa berkonsultasi pada dokter agar tau kapan boleh melakukan aktifitas fisik secara rutin agar tidak mengganggu kesehatan anda dan bayi anda.

Setelah dokter memperbolehkan untuk melakukan latihan fisik,anda jangan terburu buru pergi ke tempat kebugaran,lebih baik anda membuat progam yang jelas,dan anda bisa berolahraga dulu di rumah untuk memulihkan kondisi terlebih dahulu sebelum pergi ke gym,di rumah pun anda dapat melakukan banyak latihan olahraga,tapi yang saya sarankan adalah jogging.

Mengontrol makanan yang masuk,juga dapat menjadi salah satu keberhasilan dalam menurunkan berat badan,pasca melahirkan tubuh Anda membutuhkan nutrisi lebih banyak untuk proses pemulihan. Protein, zat besi, dan vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan diri dengan cara meregenerasi sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak setelah melahirkan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya serat untuk melancarkan pencernaan. Hindari mengonsumsi makanan digoreng, berlemak, dan berkalori tinggi agar berat badan Anda tidak bertambah pasca melahirkan.

Dalam mengatur pola makan jangan sampai drastis mengurangi makanan yang masuk ke tubuh,karena anda masih mempunyai bayi yang memerlukan nutrisi dari anda,lakukanlah pola makan secara bertahap.

Untuk menghindari rasa bosan dalam melakukan progam latihan,anda bisa mengajak suami atau keluarga,di jamin latihan pun akan terasa menyenangkan.