Cara Mengatasi dan Menurunkan Stress yang Jitu

Stress merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami beban pikiran yang terlalu banyak melebihi kemampuannya. Tingkat stress yang tinggi dapat memberikan dampak yang kurang bagus terhadap aktivitas dan kesehatan kita sehari-hari. Stress memang tidak bisa lepas dari keseharian kita. Banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya stress mulai dari faktor ekonomi, banyaknya pekerjaan, faktor sekolah, masalah remaja, faktor keluarga dan masih banyak lagi.

Banyak yang masih menyepelekan stress, padahal stress dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti naiknya asam lambung, hingga dapat menyebabkan kematian secara mendadak. Oleh sebab itu cara menurunkan tingkat stress yang tepat wajib Anda lakukan untuk menyegarkan pikiran.

Cara Mengatasi Stress

Cara Mengatasi Stress


Seperti yang dikutip dari duniafitnes.com, berikut ini beberap tips untuk mengatasi dan menurunkan tingkat stress yang tinggi.

Mulailah Berolahraga
Ketika banyak beban pikiran atau stress, kebanyakan orang melampiaskannya melalui makan, merokok atau minum kopi. Sebaiknya ketika stress mulai datang, sebaiknya mulailah berolahraga seperti jogging atau berlari. Selain dapat meredakan stress, jogging dapat membuat tubuh sehat dan dapat mengecilkan perut bagi yang memiliki masalah belly fat.

Hindari Emotional Eating
Emotional eating merupakan melampiaskan stress dengan mengkonsumsi banyak makanan. Jika Anda melakukan ini, sebaiknya konsumsi buah dan sayuran. Hindari mengkonsumsi karbohidrat olahan atau makanan manis karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan juga dapat menyebabkan kegemukan.

Istirahat Dengan Tidur Cukup
Tidur selama 7-8 jam dapat menurunkan tingkat stress dan dapat mengembalikan energi Anda yang hilang.

Jalan-jalan
Dengan jalan-jalan dapat membuat pikiran menjadi lebih segar dan jernih. Anda dapat melakukannya disekitar rumah, taman atau tempat lainnya.

Lakukan Aktivitas Baru
Melakukan hal baru juga dapat membuat Anda lebih fresh, misalnya berangkat kerja melalui jalan atau rute yang tidak biasanya, memotong rambut dengan model baru atau lainnya.

Fokus Pada Masa Kini
Lepaskan pikiran tentang masa lalu atau masa depan, dan fokus pada yang terjadi saat ini. Menyadari di mana posisi Anda berada saat ini dan menganalisa apa yang terjadi akan membantu Anda memahami situasi dan menurunkan tingkat stress.

Lakukan beberapa tips diatas ketika Anda mulai stress dengan rutinitas haria atau beban hidup yang sangat berat. Selamat mencoba!